About Me

header ads

How To Make Logo 3D 360 (Turn Table Animation) Cinema 4d











Prak 01 – Logo 3D 360 (Turn Table Animation)


1. Tujuan

Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

logo umberella film resident evil


4. Dasar Teori


animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbettwin dengan jumlah banyak bila kita proyeksikan akan terlihat seolah-olah hidup /bergerak. jenis animasi meliputi 2 hal:

animasi 2d dan animasi 3d

animasi 2d adalah animasi 2 dimensi yan hanya memiliki 2 koordinak x dan y
sedangkan animasi 3D adalah aimasi yang memiliki 3 unsur koordinat x ,y dan z. sehigga nampak seperti aslinya danterlihat lebih hidup.
animasi 2 d menggunakan keyframe sehingga bebrapa objek bagian animasi di buat seolah-olah bergerak. sedangkan di animasi 3 d menggunakan kerangka virtual. animasi 2d bisa di buat di software adobe flash dan untuk animasi 3d bisa di gunakan di cinema 4d


Tracing, berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa. Tracing ini bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi. Misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik. Dalam terminologi komputer grafis, vector adalah sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya. Jenis vector data antara lain AI (Adobe Illustrator, FH (Macromedia Freehand), CDR (Corel Draw), WMF (Windows Meta File), EPS (Encapsulated PostScript), CGM (Computer Graphic Metafile), dan lain sebagainya.


Berbicara tracing, bukan pada tempatnya bila kita membahas tracing dalam konotasi sempit sebagai plagiat atau menjiplak mentah-mentah.Tak patut juga kita membahas apakah tracing termasuk dalam seni murni atau seni terpakai.


Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu.


membuat animasi 2d memang lebih mudah menggunakan software adobe flash .karena menu-menu nya mudah dipahami . karena objek yang di gambar hanya objek yang mengandung 2 unsur yaitu sumbu x dan sumbu y. dimana hanya nampak 1 sisi dalam objek tersebut. sedangkan untuk membuat animasi 3d di flash tidak bisa. meskipun terlihat seperti nyata itu hanya faktor kemampuan coloring gelap terang nya objek sehingga nampak 3d dan nyata. namun pada teori nya tetap dianggap 2d karena hanya mengandung sumbu x dan y, sedangkan animasi 3d mempunyai 3 unsur yaitu koordinat sumbu x,y dan z.


teknik yang di gunakan di adobe flash bisa melakukan teknik tracing dengan menu pen atau yang lain. tinggal menambah coloring saja agar kelihat bagus. untuk mengerak kan objek itu menjadi animasi tinggal bermain frame dan layer. 
Sedangkan membuat animasi 2d di software cinema 4 memang mudah tapi terlalu rumit jika hanya membuat animasi 2 d.karena animasi 2d bisa di buat dengan mudah di sofware adobe flash. di sofware cinema 4d kita hanya membutuhkan vektor dari sebuah objek lalu untuk menggerakkan objek menjadi animasi tinggan recor bermain dengan sumbuk x dan y lalu di render.jadi untuk membuat animasi 4d lebih mudah di sofware adobe flash sedangkan untuk segi kemudahan menggerakkan animasi lebih muda menggunakan sofware cinema4d karena hanya bermain koordinat sumbu x dan y dan dan sumbu z jika animasi 3 d

5. Tugas Praktikum

Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
  1. Tracing Logo menggunakan illustrator
  2. Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator
  3. Membuat animasi 360 derajat
  4. Merender animasi ke dalam file movie (mp4)

7. Hasil Praktikum





8. Kesimpulan

dalam membuat animasi 3d tinggal butuh vektor dalam tracing objek gambar kita,lalu dalam cinema 4d kita tinggal masukkan objek itu dan tinggal di buat 3d dengan menambahkan sumbu z yaitu menggunakan menu extrude dalam setiap objek agar nampak memiliki panjang lebar dan isi / 3d lalu untuk menggerakan animasi nya agar berputar 360 derajat kita tinggal record dan merubah angka pada sumbu x ,y dan z . misal sumbu y yang di ubah ke 360 derajat. dalam proses di atas kesulitas yang saya alami yaitu cara memutar objek menjadi 360 derajat dan cara me recode. dan ketika me render pun sampai 4 kali render kalrena berbagai macam kesalahan mengenai format render, ukuran objek render dll.  dengan ketelitian akhirnya bisa teratasi semua. bahwa untuk memutar objek 360 derajat kita tinggal klik timing nya lalu rubah posisi awal di sumbu x 0 dan di timing 90 detik sumbu x di ganti angka menjadi 360 derajat . setiap timing di recod dengan klik lingkaran kecil di sebelah koordinan sumbu x. 
kemudian untuk merender ukuran objek mengikuti hasil render.maka dari itu kita harus mengukur ukuran yang pas baru di render  

9. Referensi

Post a Comment

0 Comments