About Me

header ads

Mengenal Tampilan Adobe Flash Profesional

I.



I.               TUJUAN

          Agar lebih dekat dengan adobe flash,dan lebih mengenal bagian-bagian nya

II.             DASAR TEORI


Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
III.           TUGAS PRAKTIKUM
Identifikasi macam-macam interface pada adobe flash

IV.           HASIL PRAKTIKUM



Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya

II.             BAGIAN-BAGIAN DARI ADOBE FLASH









1.     TOOLS

Didalam toolbox terdapat macam-macam tool yang bisa kita gunakan untuk menggambar objek. Pada adobe flash CS5 toolbox terletak di sebalah kanan area kerja flash atau bisa kita ubah terserah yg menurut kita nyaman.. Toolbox ini terdiri dari beberapa bagian yaitu, selection tool, drawing tool, painting tool dan navigasi tool.

Berikut ini nama-nama tool beserta fungsinya ::
  1.  Selection Tool, Digunakan untuk memilih dan memindahkan objek-objek yang ada di dalam stage.
  2. Subselection, Mirip dengan Selection Tool, tetapi kita bisa memilih komponen-komponen terkecil bila objek yang aktif merupakan objek shape.
  3. Free Transform, Digunakan untuk memanipulasi objek yang terpilih. Manipulasi yang bisa kita lakukan antara lain rotate, scaling, skew, dll.
  4. Gradient Transform, Digunakan untuk memanipulasi warna gradien yang ada pada objek.
  5. 3D Rotation, Memanipulasi objek menjadi gambar tiga dimensi.
  6. Lasso Tool, Digunakan untuk memilih bagian dar objek shape dengan bentuk yang kita inginkan. Tidak seperti selection Tool yang hanya memungkinkan kita memilih objek Shape dengan cakupan wilayah persegi.
  7. Pen Tool, Digunakan untuk menggambar objek shape secara manual.
  8. Add Anchor Point, Digunakan untuk menggambar objek shape secara manual.
  9. Delete Anchor Point, Digunakan untuk menghapus vertex yang ada pada garis shape.
  10. Convert Anchor Point, Merubah garis menjadi bentuk kurva.
  11. Text Tool, Digunakan untuk menambahkan komponen teks pada satge, typenya antara lain Static text, dynamic text, input text.
  12. Line Tool, Digunakan untuk menggambar garis lurus, hasilnya berupa garis shape.
  13. Rectangle, Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk persegi.
  14. Oval Tool, Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk oval/lingkaran.
  15. Rectangle Primitive Tool, Digunakan untuk membuat gambar berupa persegi, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape.
  16. Oval Primitive Tool, Digunakan untuk membuat gambar berupa Oval, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape.
  17. Polystar Tool, Digunakan untuk membuat objek shape dengan banyak sisi.
  18. Pencil, Digunakan Untuk Menggambar garis secara bebas, hasilnya berupa garis shape.
  19. Brush, Digunakan untuk mewarnai stage, seakan layaknya sebuah cat, bentuk yang dihasilkan merupakan objek shape.
  20. Deco, Tool baru pada adobe flash yang digunakan untuk membuat objek dekorasi.
  21. Bone, Digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan pergerakan animasi.
  22. Paint Bucket, Digunakan untuk mewarnai pada suatu bidang/objek yang dipilih.
  23. Ink Bottle Tool, Digunakan untuk mewarnai pada tepi/edge dari objek yang dipilih.
  24. Eyedropper, Digunakan untuk mengeset warna yang dipilh sebagai warna aktif untuk Stroke atau Fill Color.
  25. Eraser, Digunakan untuk mengahapus objek shape yang ada dalam stage.
  26. Hand, Digunakan untuk bernavigasi secara bebas.
  27. Zoom, Digunakan untuk memperbesar/memperkecil ukuran semua objek yang ada pada stage.



2.     TIME LINE



Timeline berguna untuk menentukan durasi animas, jumlah layer, frame, menyisipkan script dan lain-lain. Semua pergerakan animasi yang user buat akan ditampilkan pada timeline.


3.     LEMBAR KERJA WORKSHET

Gambar diatas adalah contoh lembar kerja (worksheet) dalam Adobe Flash. Jika dilihat disamping kiri lembar kerja ada bermacam-macam tool yang dapat kita gunakan untuk membuat animasi atapun sebuah gambar (penjelasan tool nanti akan saya jelaskan). Lalu di atas lembar kerja ada tab Timeline, Output dan Motion Editor. Kemudian di sebelah kanan lembar kerja ada beberapa tab yaitu Properties, Color, Library , d.l.l. tab tersebut dapat ditambah / dikurangi sesuai dengan kebutuhan pemakai melalui menu bar Window.

4.     TITLE
Merupakan nama file pada adobe flash yang sedang aktif atau sedang di gunakan

5.   edit scan, edit symbol, zoom

6.   tab properties

Panel properties berguna untuk mengubah ukuran lembar kerja, mengubah warna dasar lembar kerja, lalu dapat juga mengatur berapa FPS (Frame Per Second) yang diperlukan dalam membuat animasi . Contoh FPS diatas adalah 24,00 dimana dalam satu 1 detik terdapat 24  pergerakan gambar, jadi semakin banyak gambar atau semakin besar FPS
7.     PANEL TOOL


8.     WINDOW PROPERTIES

       Menampilkan menu properties

9.     ESENSIAL SABAGAI WORKSPACE

Sebagai mode ruang kerja adobe flash

V. KESIMPULAN
Dengan mengenal adobe flash maka akan memudahkan kita belajar dam memahami adobe flash
VI. REFERENSI
mengenal adobe flash




Post a Comment

0 Comments