I.
I.
TUJUAN
Agar lebih dekat dengan adobe flash,dan
lebih mengenal bagian-bagian nya
II.
DASAR TEORI
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu
perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe
Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut.
Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf
dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player.
Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama
kalinya pada Flash
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh
Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan
untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan
pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan
kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash
banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD
Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk
membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol
animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver
dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat
teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing
dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan
yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman
baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau
digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan
Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena
mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
III.
TUGAS PRAKTIKUM
Identifikasi macam-macam interface pada adobe flash
IV.
HASIL PRAKTIKUM
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu
perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe
Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas
yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan
dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash
menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya
pada Flash
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh
Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan
untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan
pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan
kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash
banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD
Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk
membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol
animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver
dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat
teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing
dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan
yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman
baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau
digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan
Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena
mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
II.
BAGIAN-BAGIAN DARI ADOBE FLASH
1. TOOLS
Didalam
toolbox terdapat macam-macam tool yang bisa kita gunakan untuk menggambar
objek. Pada adobe flash CS5 toolbox terletak di sebalah kanan area kerja flash
atau bisa kita ubah terserah yg menurut kita nyaman.. Toolbox ini terdiri dari
beberapa bagian yaitu, selection tool, drawing tool, painting tool dan navigasi
tool.
Berikut ini nama-nama tool beserta fungsinya ::
- Selection
Tool, Digunakan untuk memilih dan memindahkan objek-objek yang ada di
dalam stage.
- Subselection,
Mirip dengan Selection Tool, tetapi kita bisa memilih komponen-komponen
terkecil bila objek yang aktif merupakan objek shape.
- Free
Transform, Digunakan untuk memanipulasi objek yang terpilih. Manipulasi
yang bisa kita lakukan antara lain rotate, scaling, skew, dll.
- Gradient
Transform, Digunakan untuk memanipulasi warna gradien yang ada pada objek.
- 3D
Rotation, Memanipulasi objek menjadi gambar tiga dimensi.
- Lasso
Tool, Digunakan untuk memilih bagian dar objek shape dengan bentuk yang
kita inginkan. Tidak seperti selection Tool yang hanya memungkinkan kita
memilih objek Shape dengan cakupan wilayah persegi.
- Pen
Tool, Digunakan untuk menggambar objek shape secara manual.
- Add
Anchor Point, Digunakan untuk menggambar objek shape secara manual.
- Delete
Anchor Point, Digunakan untuk menghapus vertex yang ada pada garis shape.
- Convert
Anchor Point, Merubah garis menjadi bentuk kurva.
- Text
Tool, Digunakan untuk menambahkan komponen teks pada satge, typenya antara
lain Static text, dynamic text, input text.
- Line
Tool, Digunakan untuk menggambar garis lurus, hasilnya berupa garis shape.
- Rectangle,
Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk persegi.
- Oval
Tool, Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk oval/lingkaran.
- Rectangle
Primitive Tool, Digunakan untuk membuat gambar berupa persegi, yang
modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya
bersifat vektor tapi bukan shape.
- Oval
Primitive Tool, Digunakan untuk membuat gambar berupa Oval, yang
modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya
bersifat vektor tapi bukan shape.
- Polystar
Tool, Digunakan untuk membuat objek shape dengan banyak sisi.
- Pencil,
Digunakan Untuk Menggambar garis secara bebas, hasilnya berupa garis
shape.
- Brush,
Digunakan untuk mewarnai stage, seakan layaknya sebuah cat, bentuk yang
dihasilkan merupakan objek shape.
- Deco,
Tool baru pada adobe flash yang digunakan untuk membuat objek dekorasi.
- Bone,
Digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan pergerakan animasi.
- Paint
Bucket, Digunakan untuk mewarnai pada suatu bidang/objek yang dipilih.
- Ink
Bottle Tool, Digunakan untuk mewarnai pada tepi/edge dari objek yang
dipilih.
- Eyedropper,
Digunakan untuk mengeset warna yang dipilh sebagai warna aktif untuk
Stroke atau Fill Color.
- Eraser,
Digunakan untuk mengahapus objek shape yang ada dalam stage.
- Hand,
Digunakan untuk bernavigasi secara bebas.
- Zoom,
Digunakan untuk memperbesar/memperkecil ukuran semua objek yang ada pada
stage.
2. TIME
LINE
Timeline berguna untuk
menentukan durasi animas, jumlah layer, frame, menyisipkan script dan
lain-lain. Semua pergerakan animasi yang user buat akan ditampilkan pada
timeline.
3. LEMBAR KERJA WORKSHET
Gambar
diatas adalah contoh lembar kerja (worksheet) dalam Adobe Flash. Jika dilihat
disamping kiri lembar kerja ada bermacam-macam tool yang dapat kita gunakan
untuk membuat animasi atapun sebuah gambar (penjelasan tool nanti akan saya
jelaskan). Lalu di atas lembar kerja ada tab Timeline, Output dan Motion
Editor. Kemudian di sebelah kanan lembar kerja ada beberapa tab yaitu Properties,
Color, Library , d.l.l. tab tersebut dapat ditambah / dikurangi sesuai dengan
kebutuhan pemakai melalui menu bar Window.
4. TITLE
Merupakan nama file pada
adobe flash yang sedang aktif atau sedang di gunakan
5.
edit scan,
edit symbol, zoom
6.
tab properties
Panel properties berguna untuk mengubah ukuran lembar kerja,
mengubah warna dasar lembar kerja, lalu dapat juga mengatur berapa FPS (Frame
Per Second) yang diperlukan dalam membuat animasi . Contoh FPS diatas adalah
24,00 dimana dalam satu 1 detik terdapat 24 pergerakan gambar, jadi
semakin banyak gambar atau semakin besar FPS
7. PANEL TOOL
8. WINDOW PROPERTIES
Menampilkan
menu properties
9. ESENSIAL SABAGAI WORKSPACE
Sebagai
mode ruang kerja adobe flash
VI. REFERENSI
mengenal adobe flash
0 Comments