About Me

header ads

Cinema 4d - Secondary asset, logo movement, f-curve


1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.


2.
Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16


3. Bahan 

hasil praktikum sebelumnya
asset sekunder download 


4. Dasar Teori

fungsi secondary assets

Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.

Fungsi F-Curve

F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.

 

5. Tugas Praktikum


Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:

Tambahkan secondary Assets
Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves 


6. Petunjuk Praktikum


Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path

  1. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
  2. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves


7. hasil praktikum

8. Kesimpulan


pada praktikum ke 3 ini kita dapat mempelajari teknik baru yaitu menambahkan objek ke dua yaitu secondary assets dan menggunakan mode helix lalu merotasi bentuk dengan logo movement dan terakhir yaitu memeperhalus gerakan menggunakan f-curve. kesulitan yang saya alami yaitu mengatur berapa banyaknya objek secondary yang ingin di mode helix karena semakin banyak semakin sulit. kesulitan yang kedua yaitu merotasi beberapa bagian object untuk di movement . solusi yang saya lakukan yaitu pertama objek secondary tidak saya perbanyak,saya hanya menggunakan 50 objec secondary yang nanti nya akan melingkari animasi objek utama. sedangkan solusi yang kedua untuk merotasi objek saya hanya fokus pada 2 objek yang sya rubah movementnya. 

Post a Comment

0 Comments