About Me

header ads

5 CARA MEMILIH FREELANCER TERBAIK DI PROJECTS.CO.ID

HALO GAN para pengusaha IT dan Multimedia, Di postingan sebelum nya saya sudah upload mengenai cara owner memenangkan proyek di projects.co.id. 



Nah saat ini saya akan memberikan 5 cara memilih worker/freelancer terbaik untuk menghandle proyek-proyek anda yang anda upload di projects.co.id tanpa anda rugi seperser pun.
kalau mau daftar klik LINK ini ya : DAFTAR

Perlu di ketahui dalam memilih freelancer khususnya dengan sistem remote sangat rawan mengalami hal yang tidak di inginkan. misal proyek anda molor, di bohongi secara teknis dan lain sebagainya. maklum saja gan, mereka freelancer kan hanya mencari pendapatan tambahan, sedangkan mereka sudah memiliki pekerjaan pasti dan memiliki waktu sedikit untuk handle proyek anda. maka dari itu anda jangan terlalu berharap lebih. 

menurut pengalaman saya sebagai owner yang mencari freelancer remote, memang tidak semua mendapatkan hasil zonk. dari segi presentasi keberhasilan adalah 70% dari nilai maksimal 100% keberhasilan, banyak sekali faktor yang membuat pekerjaan freelancer menjadi tidak sesuai dengan keinginan kita. nah kali ini pahami dan cermati tips-tips saya untuk memilih worker yang terbaik di platform projects.co.id

1. CEK PROFILE CALON FREELANCER ANDA



saat saya menerima bayak tawaran BID dari para freelancer di projects.co.id. saya selalu memperhatikan profile worker/freelancer yang ingin saya rekrut. cara melihat profil mereka yaitu dengan klik nama user mereka dan bisa di cek di menu view profile. 

penilaian yang harus anda lihat dari profile itu adalah:
a. pengenalan diri atau CV mereka
b. nilai rating minimal mereka memiliki rating dari owner sebelum nya adalah 8 bintang dari 10 bintang
c. portofolio 
d. review dari owner sebelum nya ( berisi pesan testimoni baik maupun buruk freelancer)


nah dari point2 di atas anda bisa menilai sendiri kualitas freelancer anda yang akan anda rekrut.

2. MUDAH DI HUBUNGI DAN DI AJAK KONSULTASI


freelancer yang baik adalah dia yang selalu online minimal 12 jam sehari. anda bisa history rata-rata online calon freelancer anda di projects.co.id. selain itu ketika anda ingin berkomunikasi lebih detail dengan calon freelancer anda, maka anda harus mencantumkan WA atau line anda, agar dia menghubungi anda. dari situ anda bisa menilai responsif balasan dia. 

dan pilih lah freelancer yang aktif memberikan saran atau bertanya secara detai mengenai fitur-fitur yang di kerjakan, timeline, jobdesk, sistem kerja dll. karena orang kayak gini biasanya sudah pengalaman guys,hehe

3. PILIH FREELANCER JARAK DEKAT 


Jika anda membutuhkan waktu banyak untuk diskusi mengenai teknis dengan worker/freelancer , maka saran saya carilah freelancer yang memiliki jarak paling dekat dengan anda. bahkan skala prioritas yang saya selalu lakukan adalah dengan memilih worker yang 1 kota dengan saya, meskipun ada banyak kandidat yang lebih bagus secara skill dan pengalaman. karena tindakan saya ini untuk meminimalisir kerjasama yang gagal. jika kedua pihak bertemu maka secara hub emosional akan terbentuk, anda akan lebih mengenal sosok pribadi freelancer tersebut. dan mudah untuk koordinasi. 

namun jika anda menemukan freelancer yang jauh ada 2 pilihan cara yang bisa saya share:
a. suruh freelancer itu ketemu di kota anda, 
b. anda yang menemui dia di kota domisili freelancer berada.

intinya harus ketemu dulu ya cuy, jangan asal kasih proyek tapi belum pernah ngobrol tatap muka, secara kerjasama kurang afdol rasanya,heheh

4. BUAT CREATE PROJECT DENGAN CENTANG "NEED WEEKLY REPORT"


Di projects.co.id ada fitur tambahan untuk membuat sisitem kerjasama dengan freelancer lebih ketat. dengan cara centang "needen weekly report" yang artinya, saya butuh progress mingguan. maka freelancer yang anda pekerjakan, akan selalu upload progress . jika tidak upload, maka mereka akan dikurangi point sebesar 100 point. jika point nya minus, maka akan ada potongan 100.000 saat adanya withdraw( penarikan uang). jadi freelancer akan merasa di rugikan dan benar-benar berupaya menyelesaikan proyek ini. JADI SARAN SAYA PARA OWNER YANG MAU CARI FREELANCE, BUATLAH LIST TIMELINE PER MINGGUAN agar lebih detail jobdesk nya


5.PILIH FREELANCER YANG MEMILIKI TIM 

jika proyek yang anda berikan adalah besar dari segi budget, segi kesulitan dan kerumitan, maka carilah freelancer yang memiliki Tim atau badan usaha yang menawarkan jasanya di projects.co.id. saya adalah termasuk freelancer yang memiliki TIM dan berbadan usaha CV. saya selalu memberikan BID mengatas namakan Perusahaan. agar worker lebih memilih saya, karena saya sudah berbadan hukum
proyek yang sulit tidak mungkin di kerjakan hanya 1 orang. maka dari itu jangan tertipu dengan para freelancer yanga menyanggupi pengerjaan proyek besar hanya di handle sendiri.

nah demikian guys 5 cara memilih freelancer terbaik di projects.co.id. tips ini saya pernah lakukan dan berhasil memangkas resiko kerugian akibat ulah freelancer yang tidak bertanggng jawab. Intinya adalah hanya masalah ikatan emosional aja dan AKAD dia awal ya. asal jobdesk nya jelas, fee nya jelas dan hak kewajiban masing-masing bisa di penuhi ,saya rasa semua proyek anda akan berhasil.

wa: 085649696961

Post a Comment

0 Comments