About Me

header ads

CARA Membuat WALK CYLE menggunakan Motion Tween

1. Tujuan

Mengaplikasikan walk cycle pada sebuah karakter animasi

2. Bahan dan Alat

Bahan :
Alat :
Adobe Flash CS5.5

3. Dasar Teori

Ada beberapa dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk (guidance) dalam pembuatan stickman berjalan, antara lain
Pose
Timing
Inbetween

1. Pose
Berikut adalah pose­pose yang perlu ada dalam sebuah walk. Seringkali disebut dengan walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih sedemikian rupa sehingga pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa disusun menjadi sebuah siklus tanpa henti. Walk Cycle Poses Collection Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing, dan up. 
Untuk mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki dahulu. kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan berikutnya.

2. Timing
Timing yang dimaksud adalah jumlah frame yang diperlukan untuk menghasilkan animasi
yang diinginkan. Timing juga berhubungan dengan durasi animasi yang diinginkan, apakah
cepat atau lambat. Yang perlu diingat, untuk memperlambat animasi, tidak dilakukan
dengan cara mengubah setting FPS, akan tetapi dengan cara mengubah jumlah frame yang
dibuat. Dalam animasi baik 2D dan 3D, standar FPS adalah 24.
Untuk walk cycle, ada beberapa timing yang bisa digunakan tergantung jenis walk yang
diinginkan
normal walk: 12 frame (0.5 detik)
cartoon walk: 8 frame
Timing yang relatif mudah untuk keperluan belajar adalah 8 frame. Dengan spesifikasi
berikut,
pose contact –> frame 1
pose down –> frame 3
pose passing –> frame 5
pose up –> frame 7
pose contact –> frame 9
berikut adalah susunan keyframe pada timeline

berikut adalah tampilan onion skin dari 4 pose dasar walk cycle

4 basic walk cycle in onion skin

3. Inbetween

4 pose hanya bisa untuk 4 keyframe. Sedangkan untuk walk cycle dengan timing cartoon, perlu 8 frame. Sehingga perlu 4 tambahan frame atau 1 tambahan perantara frame yang
biasa disebut dengan inbetween. Proses pembuatan inbetween sangat sederhana.
Cukup aktifkan onion sehingga bisa tampak keyframe frame sebelumnya dan frame
setelahnya. Sebagai contoh, berikut adalah kondisi frame 2 saat masih baru ditambahkan
empty keyframe dengan mode onion skin aktif.



onion skin
Tambahkan gambar yang mewakili pertengahan dari kedua frame tersebut. Berikut adalah
contoh hasil penambahan inbetween untuk keyframe pada frame 2.

hasil proses inbetween
Ulangi langkah tersebut untuk menambahkan keyframe pada frame 4, 6, dan 8. Sehingga
diperoleh keyframe untuk masin­masing frame seperti berikut ini

1 frame 1 keyframe

4. Tugas Praktikum

Membuat walk cycle dengan menggunakan motion tween

5. Hasil



6. Kesimpulan

Untuk menambahkan sebuah karakter pada animasi walk cyle harus diperhatikan setiap inci gerakan. Dan juga harus dilakukan dengan membuat setiap gerakan pada frame - framenya. Memang membuat animasi itu membutuhkan kesabaran ekstra. Jangan sampai dari gerakan satu ke gerakan lain jangan sampai tidak sinkron. Maka dibutuhkan juga sebuah ketelitian

Post a Comment

0 Comments