About Me

header ads

5 LANGKAH AWAL MEMBUAT BISNIS SOFTWARE HOUSE WEB

Helo perkenalkan nama saya Muhamad Dio. saya adalah CEO dari software house MULTIMEDIOPLUS.CO.ID

Perusahaan saya sudah berdiri sejak 2016. dan saat ini masih eksis dalam bisnis development jasa Web dan Android.



kali ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah awal dalam memulai bisnis IT.


1. SIAPKAN TIM ANDA

  dalam berbisnis tidak lah mungkin anda Bekerja sendirian. minimal dalam memulai usaha apapun produk anda butuh 2 orang. 1 orang fokus produksi dan 1 orang lain nya fokus marketing. ini yang saya lakukan ketika memulai bisnis software house. Usahakan tim anda mengerti dan berpengalaman dalam mengerjakan program IT . karena bisnis tanpa mengetahui ilmunya produk nya sangat lah sulit.apalagi bagi programmer butuh ketelatenan dalam mengupgrade ilmu programing nya.

2.  BUAT BRANDING BISNIS ANDA

dalam berbisnis perlu lah Branding yang bagus agar bisnis kita banyak di kenal orang. pertama yang saya lakukan dalam branding adalah menentukan nama perusahaan dan Logo. setelah nama tercetuskan maka wajib buat anda untuk membuat web profile bisnis anda. karena mana mungkin bisnis produk web,anda sendiri tidak punya web.hehehe

3. BUAT KONTRAK KERJA

kemudian anda perlu membuat kontrak kerja dalam memebangun bisnis khusunya jika anda memiliki patner. meskipun patner anda teman anda sendiri ,namanya sudah bergelut dengan UANG, Maka alangkah baiknya tetap kelihatan profesional dengan membuat kontrak kerja dan bagi hasilnya nanti

4. MULAI MENCARI PROYEK YANG MUDAH DULU.

pengalaman pahit saya waktu itu. karena pengalaman IT saya sedikit, dan dalam kategori belajar,saya belum mampu memilah mana proyek besar dan mana proyek ringan. lagi-lagi faktor UANG bung. kita pasti telena. salah satu proyek pertama saya waktu itu membuat web ecoomerce seperti TOKOPEDIA. padahal saya belum mempunyai pengalaman mengerjakan itu . karena tim saya terlena dengan fee senilai 30 jt. bagi saya proyek ini menguntungkan, namun lagi-lagi perhitungan saya meleset. proyek saya molor hingga 3 bulan, karena faktor SDM kurang dan Kesulitan Teknis karena belum pengalaman, akhirnya kita lempar proyek ke orang lain, alhasil keuntungan saya sedikit bahkan rugi. itu terus menerus saya lakukan dalam 1 th pertama. Intinya tahun pertama ALLAH SWT menguji bisnis saya dengan membuat saya terlena akan UANG, Jadi saran saya guys. cari proyek ringan dulu meskipun fee murah yang penting kepuasan pelanggan.

5. JANGAN LUPA TERUS BELAJAR & BERDOA

Langkah terakhir ini sangat lah penting. kita perlu terus belajar dari pengalaman orang,Buku, Internet bahkan seminar bisnis.karena dengan belajar kita akan tahu solusi dari kendala anda dalam menjalankan bisnis anda. SETELAH ITU BERDOA YANG RAJIN YA. Karena Usaha tanpa doa akan sia-sia.

Itu 5 langkah awal memulai bisnis software house IT.

baca juga judul yang lain

Post a Comment

2 Comments