About Me

header ads

7 Cara Ampuh Programmer Mencari Proyek IT Dengan Cepat

Dalam dunia IT senjata utama dalam mencari proyek adalah seorang marketing. kebanyakan para programmer IT belum bisa mencari proyek IT untuk di kerjakan. sehingga banyak sekali freelancer memilih bekerja di perusahaan software house untuk memenuhi kebutuhan mereka. meskipun tak jarang programmer masih mencari proyek IT dari rekan atau tim mereka di luar pekerjaan.

bagi anda programmer IT yang ingin mencari proyek tanpa bakat marketing. saya bisa bantu melalui arikel di bawah ini. dan sudah saya terapkan dalam 1 th belakangan dan hasil nya menghasilkan omset puluhan juta dalam 1 bulan.  Yuk baca artikel ini:

                                                   foto: Tim Bisnis Internet marketing Sidoarjo

1. Mencari proyek dari tugas Mahasiswa

cara ini adalah langkah awal saya belajar marketing untuk proyek-proyek kecil IT. dengan membantuntugas teman atau bahkan kampus lain mengenai IT. biasanya paling sering adalah proyek skripsi IT mereka. meskipun fee nya minim. namun cara ini adalah langkah awal yang baik untuk membangun relasi anda dan meningkatkan jam terbang anda mengenai proyek-proyek IT yang akan anda terima.

2. Mencari proyek dari sub-sub programer

kebanyakan para programmer yang memiliki pengalaman menghandle proyek-proyek IT sudah mengetahui cara-cara marketing dalam Proyek IT. nah bagi anda yang pemula alangkah baik nya anda belajar dari mereka dengan membantu mengerjakan proyek kecil mereka. anda bisa meminta proyek kepada mereka. meskipun fee yang anda dapat tidak sebesar keinginan anda. saran saya anda perlu beberapa kali memberikan kepercayaan dan kemampuan anda yang maksimal dalam membantu proyek mereka. karena mereka akan selalu memakai jasa anda. 

3. Mencari proyek dari platform web Freelancer

Sekarang ini banyak platform membantu freelancer programmer dalam mencari proyek IT. bahkan bukan hanya mencari tapi di pertemukan oleh owner yang membutuhkan jasa anda sebagai developer IT. anda bisa memberikan BID/Penawaran anda dengan mencantumkan portofolio, harga dll. anda juga bisa menjadi TOP ranking worker terbaik jika berhasil meyelesaikan project dengan bagus.
platform yang bisa anda gunakan adalah:
a. projects.co.id
b. sribulancer.com
c. freelancer.com
d. truelancer.com

4. Mencari Proyek Dengan Membuat Proposal Ke Perusahaan

cara ini harus kalian coba, meskipun memakan waktu,tenaga dan biaya, namun cara ini sering saya lakukan dan hasil ya luar biasa. sebenar nya tujuan untuk memberikan proposal penawaran jasa bukan hanya untuk mencari proyek. tapi mencari branding supaya nama atau perusahaan kita bisa di kenal oleh perusahaan lain. karena menurut pengalaman saya. 1 hari saya bisa mengirimkan proposal hingga 20 perusahaan secara rutin dalam 1 bulan. dan hasilnya hanya 2-4 proposal yang di terima dan menghasilkan Income. meskipun hanya sedikit, namun niat saya pada waktu itu adalah memperkenalkan perusahaan Jasa It saya, supaya ketika mereka butuh bisa menghubungi perusahaan saya. 

5. Bekerjasama dengan Kompetitor

cara ini terbkti manjur dan ampuh. kebanyakan namanya kompetitor pasti adalah momok menakutkan para pengusaha, apalagi hanya freelancer. pasti pamor kita kalah dengan kompetitor yang besar dan harga terjangkau. namun jangan kwatir, pada dasarnya mereka juga membutuhkan kerjasama dengan para programmer lain, khususnya anda. KENAPA???

begini. perusahaan biasanya sering sekali mendaatkan proyek yang besar dan banyak. namun terkadang tidak di imbangi dengan SDM Pegawai. bahkah ada 60% Software house memiliki pegawai yang sedikit dan memilih melempar proyek kepada kompetitor atau freelancer dengan alasan supaya pengeluaran mereka kecil dan mendapatkan untung yang besar. 

nah prinsip mereka ini perlu anda manfaat kan. anda harus berani memberikan penawaran kerjasama kepada mereka. karena mereka juga butuh tenaga anda. apalagi kalau mereka sudah percaya kepada anda. wah bisa-bisa anda yang banjir JOB,hehe

6. Repeat Order Dari Database Klien anda

ingat prinsip saya dalah: bukan nilai satu proyek yang saya bidik tapi kepuasan klien sehingga mereka akan repeat order kepada saya. ini adalah prinsip saya. jika anda hanya mengejar keutungan uang, maka proyek dari klien bisa saja hanya 1 dan mereka akan mencari jasa slain anda. karena anda tidak mengutamakan servise yang bagus. hampir 50% klien saya adalah klien lama alias repeat order. KOK BISA???

ya bisa, karena perusahaan saya selalu memberikan keuntungan layanan yang bagus daripada megutamakan keuntu
 ngan, supaya klien saya pua dan kembali memberikan penawaran proyek lain. nah langkah ini bisa anda tiru.

7. Sedekah dari hasil keuntungan Proyek anda

yang terakhir ini memang sepertinya agak menyimpang ya, langkah terakhir ini yang sering di hiraukan oleh mereka para freelancer IT. ingat SEDEKAH mu dapat memperbesar nilai keuntungan proyek anda. KOK BISA??

ILMU SEDEKAH akan di balas minimal 10x di dunia oleh ALLAH SWT. gak percaya coba saja.

karena saya selalu menerapkan ini, 2-3% keuntungan saya per proyek saya biasa sedekah kan kepada anak yatim/masjid. dan hasilnya banyak tuh proyek lain saya yang masuk. jadi kesimpulannya. POINT 1-6 adalah cara anda di dunia dengan berusahan Dan POINT 7 adalah senjata utama dalam meraih keuntungan akhirat

INGAT............INGAT..........
ketika anda mengejar dunia. akhirat belum tentu mengejar anda
kalau anda ingin mengejar dunia supaya tunduk dengan anda, maka kejarlah akhirat mu dengan bersedekah.

Terimakasih.

CV MULTIMEDIO PLUS

multimedioplus.co.id

Post a Comment

2 Comments