About Me

header ads

Tools Camera Path, Lighting, and Material in CINEMA 4D


1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori

perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path adalah motion guide pada flash merupakan bagaimana cara mengubah/menjalankan posisi benda/obyek sesuai pada jalur tracknya. sedangkan camera path adalah menjalankan kamera sesuai jalurnya, benda/obyek tetap di tempat.


Physical Sky merupakan kondisi cahaya dalam shot animasisesuai dengan waktu detailnya. sedangkan area light merupakan keadaan cahaya obyek dengan lighting yang dapat diatur sesuai kebutuhan. bisa dikatakan sebagai lighting eksternal (tambahan).


material merupakan tekstur atau bahan dari sebuah benda. banyak sekali jenis material benda yang setiap hari kita temui. seperti contoh material karet untuk sandal, sepatu, penghapus; besi untuk sparepart sepeda, tiang bendera, mur, baut; atau plastik seperti botol air mineral, tupperware, dan lain sebagainya. di dalam praktikum ini, saya menggunakan material Nukei, karena menurut saya yang cocok untuk logo pens.


5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
  1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
  2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
  3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
  4. Menambahkan Material
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan

pada praktikum ke dua ini kesulitan yang saya alamai adalah ketika mengatur camera mulai dari pergerakan kamera hingga memberikan target. karena ketika di beri target agar kamera tetap menuju ke objek animasi selalu berubah arah kamera. solusi yang saya gunakan yaitu merubah dan mengatur kamera dengan cara manual. ketika di beri target pada kamera dan berubah arah kameranya. lalu saya setting manual dengan tool moov agar kamera tetap menyorot objek animasi.

9. REFRENSI

https://www.lynda.com/CINEMA-4D-tutorials/Camera-Animation-CINEMA-4D/361648-2.html

Post a Comment

0 Comments