1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
Bump map pada material setting
Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.
fungsi channel color!
channel color merupakan menu untuk mengganti warna yang kita ingin kan
fungsi channel reflectance
merupakan menu efek pencahayaan yang di pantulkan dan menghasilkan efek pantulan cahaya pada objek
fungsi channel luminance
merupakan efek cahaya yang di hasilkan pada warna. dang mengurangi bayangan pada sekitar objek yang di beri warna
fungsi textures circles!
merupakan efek memberikan tekstur pada objek menjadi tekstur circles atau lingkaran-lingkaran kecil padaobjek
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
Membuat material mirip lampu stadion
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Pada praktikum ini bertujuan untuk membuat Efek Lampu Stadion pada Asset Utama Animasi 3D menggunakan Cinema 4D . Kesulitan yang saya rasakan yaitu ketika menyelesaikan dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan , saya merasa bingung karena hasil dari praktikum saya berbeda dengan apa yang di contohkan pada video. mungkin dikarena kan warna yang saya ambil beda dengan video dan mensetting brightnest nya yang terlalu besar. sehingga saya harus benar-benar meniru step by step tanpa menambah dan mengurangi prosedur video.
9. Referensi
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper
0 Comments