BAGAIMANA CARA MEMBANGUN TIM DALAM PROYEK IT ANDA KHUSUSNYA ANDA SEBAGAI START UP PEMULA
Kali ini saya akan share bagaimana cara membuat tim kerja dalam menangani proyek besar IT dalam startup software house. Bagi anda start up pemula IT yang ingin membuat management tim yang solid untuk start up anda. alangkah baik nya anda simak artikel di bawah ini.
kerja tim merupakah kunci sukses dalam membangun usaha. khususnya proyek IT. karena membangun proyek IT tidak lah mudah . Butuh pengalaman,dan giat belajar dalam menghadapi masalah dan tantangan teknis di dalam proyek tersebut. saat ini CV MULTIMEDIO PLUS sudah memiliki tim yang profesional dan hebat. karena membangun tim saya butuh 2 th agar selalu kompak dan mengerti satu sama lain.
dalam sistem management ada istilah M.T.M
M: MAU
untuk membangun tim yang solid, perlu namanya istilah MAU, Karena dengan dia mau maka mudah untuk diajak bekerjasama .
T: TAU
setelah MAU maka langkah selanjutnya ialah TAHU, Mkasudnya ,meeka harus tau apa manfaat nya, apa tugas jobsesk nya, dan bagaimana mereka harus bertindak. jika hanya MAU tapi belum TAU maka tim anda belum solid
M: MAMPU
istilah yang terakhir adalah kata kunci tolak ukuran keberhasilan tim, terkadang tim hanya memiliki sebagian istlah di atas. padahal jika anda belum mempunyai istilah MAMPU maka tim anda akan kesulitan, banyak sekali penganalaman saya mengajak rekan tim bekerjasama hanya MAU dan TAHU. tapi untu MAMPU, sangat lah di abaikan. jadi MAMPU adalah kunci keberhasilan tim anda.
Terus bagaimana cara membangun TIM hebat untuk menyelesaikan proyek anda tepat waktu?
1. TENTUKAN LEADER ANDA
jika anda memiliki 3 tim utama sebagai pendiri perusahaan atau start up. maka tentunya anda haru menentukan dulu leader yang dapat membina dan mengatur jalannya kinerja start up anda. jangan salah pilih leader ya. ingat ini plilih leader bukan pilih bos. karena bos hanya menyuruh anda saja bukan emmbina anda menjadi tim yang solid
2. BAGI KERJA TIM ANDA
saya ambil contoh proyek web , pada umum nya proyek web membutuhkan minimal 2-3 orang dalam mengerjakan nya. pembagiannya adalah
a. tim analisa
b. front end UI&UX
c. Backend
jobdesk di atas adalah minimal tim yang anda butuhkan agar proyek anda cepat selesai. ingat anda bukan di katakan start up jika anda belum punya pembagian jobdesk di atas.
3. BUAT SOP & KONTRAK KERJA
jika pembagian jobdesk telah usai. maka langkah selanjutnya adalah membuat SOP dan kontrak kerja. salah satunya dalah bagi hasil dan Scope luang lingkup jobdesk dalam proyek tersebut. karena dengan SOP tim anda memiliki aturan untuk mengarahkan kinerja mereka.
4. TIDAK PERLU PEGAWAI BARU
jika proyek anda masih sedikit atau tim anda masih belum solid. alangkah baik nya jangan mencari pegawai/tim baru dengan tujuan membantu masalah tim anda. jika anda menambah kan tim baru otomatis anda harus mulai dari awal dan membangun dari awal ke kompakan tim . apalagi jika anda mencari pegawai baru. selain cost pengeluaran bertambah. tapi jika tim anda belum bisa mengatasi masalah anda,maka anda belum layak membina pegawai anda. malah tim anda yang anda miliki belum maksimal
5. EVALUASI KINERJA TIM ANDA
alangkah bainya tiap 1 bulan sekali anda evaluasi tim anda . evaluasi yang biasa saya lakukan ke tim saya adalah:a. evaluasi kinerja tim ( mengenai teknis masalah dan cari solusinya)
b. evaluasi pendapatan
c. evaluasi masing-masing pribadi (mengenai etika, kebiasaan, sikap dll)
semoga dapat membantu guys.
JASA SOFTWARE HOUSE :
multimedioplus.co.id
jl kaliwaron no 58 lantai 2 surabaya
wa: 083857562428
0 Comments